Tips Memperbaiki Stop Kontak Agar Berfungsi Kembali

Menurut tempat jual stop kontak, kerusakan di stop kontak bisa disebabkan karena putusnya kabel serta korsleting listrik yang ada di bagian instalasi dan di bagian penghubung di antara stop kontak serta kabel instalasi, gangguan di stop kontak sendiri, atau karena longgar nya steker yang bentuknya seperti garpu. Sebagai contoh padasaat Anda mengalami masalah pada stop kontak ketika dihubungkan pada alat listrik misalnya mixer atau blender ternyata tidak bisa berjalan.
Setelah di cek ternyata barang elektronik tersebut baik-baik saja, maka bisa jadi kerusakan ada pada stop kontak Anda. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips dalam memperbaiki stop kontak agar bisa kembali berfungsi.

Tips Memperbaiki Stop Kontak Oleh Tempat Jual Stop Kontak


Tips Pertama

Tips yang pertama adalah jika steker yang terhubung pada stop kontak mudah bergoyang serta terlepas sendiri dan membuat aliran listrik menjadi tidak stabil. Hal ini disebabkan oleh plat yang fungsinya menjepit jari steker di stop kontak, keadaannya renggang yaitu melebihi diameter dari jari steker. Selanjutnya Cara untuk memperbaikinya adalah dengan mematikan saklar MCB.
Mulai buka sekrup dari stopkontak, jepit masing-masing plat agar diameter menjadi kecil. Usahakan untuk diameter pada lubang plat tidak kecil sebab apabila kecil bisa menyulitkan masuknya jari steker. Untuk memastikannya bisa dicoba dengan memasukan steker pada lubang stop kontak.

Tips Kedua

Pada tips berikutnya adalah jika terjadi keluhan pada lubang stop kontak yang berwarna hitam serta meleleh misalnya bekas terbakar. Hal ini disebabkan karena steker yang masuk pada stop kontak longgar yang menyebabkan adanya ngefong sehingga terjadi panas pada area tersebut. Cara untuk memperbaikinya yaitu jika stop kontak ternyata masih layak digunakan, maka cara memperbaikinya seperti poin pertama.
Yaitu pasang kabel arde atau grounding ke stop kontak dalam menetralisir adanya percikan api.

Tips Ketiga

Untuk tips yang ketiga apabila terjadi keluhan stop kontak ternyata tidak bisa mengalirkan listrik pada steker. Hal ini menurut tempat jual stop kontak disebabkan pada terminal stop kontak ada kabel yang terlepas atau terdapat jalur kabel putus pada stop kontak ke kabel utama instalasi listrik. Kemudian cara untuk memperbaikinya bisa dimulai seperti cara pertama. Apabila sudah berhasil kemudian periksa serta sambung kabel yang harusnya terhubung pada terminal yang berada di stop kontak.
Periksa serta sambung jalur listrik di stop kontak ke jalur yang utama pada instalasi listrik yang ada di rumah.
Itulah di atas tips memperbaiki stop kontak menurut tempat jual stop kontak. Apabila Anda ingin stop kontak yang aman dan tahan lama, sehingga Anda tidak perlu dipusingkan untuk memperbaiki stop kontak. Maka segera beli stop kontak di tempat kami yang mempunyai kualitas terbaik. Anda bisa menghubungi CS kami dengan nomor 021-56946084 atau kunjungi langsung alamat website kami di http://clicktoko.com/  dan http://botonindonesia.com/.

Comments

  1. Terimakasih sebelumnya. Listrik dirumah mengalami korsleting akibat ada kabel mesin pompa air yang gigit tikus sehingga NCB pada meteran turun, setelah kabel diperbaiki pompa air sudah hidup/baik kembali, tapi ada beberapa stopkontak listrik yang tidak dapat berfungsi (tidak ada arus) yaitu yang saat terjadi korsleting tersebut dalam keadaan hidup. Namun yang saat kosleting stopkontak mati atau sedang tidak digunakan masih tetap berfungsi dengan baik. Mohon bantuannya bagaimana cara mengatasi stopkontak yang mati, kenapa bisa terjadi seperti itu?. Terimakasih.

    ReplyDelete
  2. The Art of Ceramic Art: ENC M Titanium Gives you a Chance of
    ENC titanium rod M seiko titanium titanium made by the artists at the Art Of Ceramic Art Academy in Atlanta is an innovative design process that incorporates traditional trekz titanium headphones bronze pieces with titanium band rings a titanium nail

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

5 Hotel Ini Sediakan Sewa Kamar Hemat Kantong